Sunday, 12 April 2015

Fungsi Large di Excel

Fungsi large merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mencari atau mengembalikan nilai terbesar.

Nilai terbesar yang dikembalikan bisa merupakan nilai terbersar pertama, kedua dan seterusnya dari suatu rentang sel yang ditentukan.

Sintaks penggunaan fungsi large di excel

LARGE(array, k)
  • Array adalah rentang yang akan dicari nilai terbesarnya.
  • K adalah posisi nilai terbesar yang akan dicari (misalnya terbesar pertama, terbesar kedua dan seterusnya.

Manfaat Fungsi Large


Dengan menggunakan fungsi large, kita dapat mencari nilai terbesar yang dibandingkan dalam array berdasarkan kriteria terbesar yang ditentukan.

Contoh penggunaan fungsi ini bisa dilihat pada gambar fungsi large 1 dibawah ini, data array yang akan dibandingkan adalah rentang sel A1:D8 yang terdiri dari empat buah data pada kolom A,B,C, dan kolom D

fungsi large di excel
Fungsi Large 1

Berikut nilai terbesar yang didapatkan pada kolom E dengan rumus formula yang dapat dilihat pada kolom F dengan rincian sebagai berikut :
  • Sel E2:E6 akan mengembalikan nilai paling besar untuk masing masing rentang sel :
    • E2 adalah nilai terbesar pertama dari A2:D2
    • E3 adalah nilai terbesar pertama dari A3:D3
    • Begitu seterusnya sampai E6
  • Sel E7 merupakan nilai terbesar kedua dari rentang sel A2:D2, walaupun nilai yang dikembalikan adalah angka terbesar, karena fungsi large menghitung nilai terbesar per karakter maka satu karakter dianggap satu nilai.
  • Sel E8 merupakan nilai terbesar ketiga dari rentang sel A8:D8.

FUNGSI LARGE BERSYARAT


Fungsi large bersyarat ini dapat digunakan untuk mengembalikan nilai terbesar pada suatu kondisi jika terpenuhi, dan mengembalikan nilai lainnya jika kondisi tidak terpenuhi.

1. Fungsi Large Dengan Logika OR


Berikut ini adalah contoh penggabungan fungsi yang terdiri dari fungsi large, small, if, dan fungsi or untuk mencari / membandingkan nilai pada kolom A dan kolom B.

Berikut adalah ketentuan-ketentuan yang digunakan pada contoh gambar fungsi large 2 dibawah ini :
  • Jika salah satu nilai / angka pada kolom A maupun kolom B adalah lebih kecil dari angka 5 maka akan dikembalikan nilai terkecil dari perbandingan tersebut.
  • Sedangkan jika kedua nilai / angka pada kolom A maupun kolom B adalah lebih besar atau sama dengan angka 5 maka akan dikembalikan nilai terbesar dari perbandingan tersebut.
mencari nilai terbesar di excel
Fungsi Large 2

Dengan menggabungkan fungsi large, small, if, dan fungsi or, contoh rumus formula pada sel C2 yang dapat digunakan berdasarkan ketentuan tersebut adalah :

=IF(OR(A2<5,B2<5),SMALL(A2:B2,1),LARGE(A2:B2,1))

Rumus formula ini akan memeriksa nilai pada sel A2 dan sel B2 menggunakan fungsi if dengan logika OR IF(OR(A2<5,B2<5) dan akan mengembalikan nilai SMALL(A2:B2,1) jika bernilai TRUE, dan akan mengembalikan nilai LARGE(A2:B2,1) jika bernilai FALSE.

2. Fungsi Large Dengan Logika AND


Penggabungan dengan menggunakan fungsi if logika and mempunyai logika yang sama dengan penggabungan dengan menggunakan logika or diatas.

Perbedaan dari logika and dan or ini ada pada ketentuan yang berlaku pada fungsi if yaitu :
  • Jika kedua nilai / angka pada kolom A maupun kolom B adalah lebih besar atau sama dengan 5 maka akan dikembalikan nilai terbesar dari perbandingan tersebut.
  • Sedangkan jika salah satu dari kedua nilai / angka pada kolom A maupun kolom B tidak besar atau sama dengan angka 5 maka akan dikembalikan nilai terkecil dari perbandingan tersebut.
fungsi large
Fungsi Large 3

Contoh rumus formula pada sel C2 untuk kodisi seperti ini adalah :

=IF(AND(A2>=5,B2>=5),LARGE(A2:B2,1),SMALL(A2:B2,1))

Kesimpulan


Fungsi large pada aplikasi ms.excel bisa digunakan untuk mencari nilai-nilai pada suatu perbandingan dengan mengunakan syarat dan ketentuan yang diberikan.

RFExcel
Rumus Fungsi Excel Updated at: 04:48

No comments:

Post a Comment